Yaman Terbitkan Sukuk Untuk Biayai Defisit Anggaran

SukukPemerintah Yaman berencana menerbitkan sukuk senilai 500 juta dollar dalam mata uang lokal. Hal yang pertama kalinya dilakukan ini diambil untuk membiayai defisit anggaran dan memacu industri keuangan syariah di negara tersebut.

Bank Central Yaman diperkirakan akan menawarkan sukuk di pasar domestik mulai kuartal pertama tahun ini. “Kami telah meminta bantuan pada IMF, Bank Internasional Tadhamon Syariah (bank syraiah terbesar di Yaman) serta beberapa koperasi dan Bank Perkreditan Pertanian untuk berpartisipasi dalam penjualan ini,” ujar Deputi Menteri Keuangan Yaman, Yaqoub Jalal, seperti dikutip Arabian Business Week, akhir pekan lalu.

Rincian penjualan sukuk akan diumumkan akhir Februari nanti. Pemerintah menargetkan sukuk yang dikeluarkan, nantinya mampu menarik sejumlah investor seperti perorangan maupun berasal dari bank syariah.

“ Warga Yaman sebenarnya memiliki jumlah tabungan yang cukup, namun dana mereka saja tak akan cukup untuk proyek ini,” katanya. “Kami ingin ada partisipasi dari bank syariah. Karena, bagaimanapun sukuk ini akan dimanfaatkan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur dalam negeri seperti listrik, air bersih, jalan dan sekolah,” ungkapnya.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...