Wirausaha Hasanah dan Hasanah Card Produk Andalan BNI Syariah

BNI SyariahBNI Syariah terus berupaya meningkatkan pembiayaan produktif mereka guna membidik pasar pembiayaan ritel pada tahun 2011. Untuk sektor pembiayaan produktif tersebut, BNI Syariah mengandalkan dua produk unggulan, yaitu Wirausaha Hasanah dan Hasanah Card.

Direktur Risiko dan Kepatuhan BNI Syariah, Imam Teguh Saptono, mengatakan Wirausaha Hasanah adalah fasilitas pembiayaan produktif yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan usaha-usaha produktif (modal kerja dan investasi), yang tidak bertentangan dengan syariah dan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

Keunggulan dari produk yang menggunakan akad murabahah, musyarakah dan mudharabah ini adalah prosesnya lebih cepat, dengan persyaratan yang mudah dan sesuai dengan prinsip syariah. “Kemudahan pembiayaan Wirausaha Hasanah adalah jangka waktunya yang mencapai tujuh tahun dengan plafon berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 1 miliar,” kata Imam.

Adapun Hasanah Card, lanjut Imam, adalah fasilitas pembiayaan produktif BNI Syariah dalam bentuk kartu kredit. Dengan akad kafalah, ijarah, dan qard, Hasanah Card lebih nyaman untuk digunakan oleh mereka yang mengedepankan prinsip syariah dalam layanan perbankan.

Imam melanjutkan, dengan fitur Business Oportunity (BO), Hasanah Card memberi kesempatan bagi para pemegang kartunya untuk memulai usaha pembelian waralaba (franchise) dengan harga terjangkau dan margin nol persen untuk masa cicilan satu bulan sampai 12 bulan.

Dikatakan, BNI Syariah menargetkan pembiayaan ritel pada 2011 mencapai 20 persen dari kondisi tahun ini. Sejak spin off pada Juni lalu, aset BNI Syariah mencapai Rp 6,02 triliun dengan pengumpulan DPK mencapai Rp 4,7 triliun. Dari DPK tersebut, pembiayaan yang sudah dilakukan BNI Syariah mencapai Rp 3,3 triliun. “Tahun depan targetnya bisa tumbuh 20 persen sampai 30 persen atau di atas Rp 4 triliun,” tandas Imam.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...