Universitas Wahid Hasyim Incar Program Ekonomi Islam

Universitas Wahid HasyimUniversitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang akan membidik peluang mahasiswa yang berminat dengan studi ekonomi Islam pada 2011 mendatang. “Perbankan syariah semakin berkembang di tengah gempuran modernitas. Ini peluang bagi lulusan ekonomi Islam,” kata Rektor Unwahas, Noor Achmad di Semarang, Rabu (22/12).

Menurut dia, dengan semakin banyaknya didirikan bank syariah, maka akan membutuhkan banyak sumber daya manusia (SDM) yang ahli dalam sistem ekonomi Islam. “Ini menjadi pertimbangan kami untuk membuka program studi ekonomi Islam pada 2011 mendatang, nantinya diikuti pula pembukaan jenjang strata 2 (S-2) bidang itu,” katanya.

Ia mengatakan, sebenarnya Unwahas berencana membuka tiga program studi baru pada 2011, yakni S-1 Ekonomi Islam, Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, serta Profesi Apoteker. Ketiga program studi tersebut, kata dia, sudah diajukan izinnya dan tinggal menunggu turunnya surat keputusan (SK) untuk operasional program studinya yang dijadwalkan pada 2011.

“Kami sudah mengurus perizinan pembukaan tiga program studi baru itu ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), kami berharap sudah bisa dimulai 2011 mendatang,” katanya.

Unwahas, kata dia, selalu berupaya mencetak lulusan yang ahli di bidangnya sehingga mampu menjawab berbagai tantangan yang ada, serta memiliki daya saing secara global. Menurut dia, pembukaan program studi harus disesuaikan dengan kebutuhan atau peluang yang ada, misalnya ekonomi Islam yang disiapkan mengisi posisi di perbankan syariah.

Ditanya persaingan perguruan tinggi swasta (PTS) yang semakin ketat, Noor Achmad mengaku tidak mengkhawatirkannya, sebab masing-masing perguruan tinggi memiliki keunggulan dan pangsa tersendiri.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...