TSFP, Hadir Menjawab Minimnya Perencana Keuangan Syariah

ekonomi islamDi saat lembaga keuangan syariah semakin berkembang di Indonesia seperti perbankan syariah, asuransi syariah, pasar modal syariah,tetapi tidak dengan perencana keuangan syariah. Faktanya belum ada data pasti mengenai jumlah perencana keuangan syariah di Indonesia sehingga perlu adanya sebuah wadah yang mendorong kepada terbentuknya sebuah komunitas yang mewadahi para perencana keuangan syariah mengkaji dan lebih mendalami peran sebagai Financial Planner yang mengedepankan kepada prinsip syariah.Hal tersebut diungkapkan oleh Agus Rijal selaku Perencana Keuangan Manajemen dan Pemasaran ArRijal & Partners yang merupaan pencetus lahirnya Training Shariah Financial Planner bersama dengan Ahmad Gozali , Perencana Keuangan Safir Senduk dan Rekan.

“Training Shariah Financial Planners ini berawal dari niat untuk berkontribusi bagi perkembangan keuangan syariah di Indonesia . Setelah diskusi dengan Ahmad Gozali sekitar setahun yang lalu , akhirnya kami berkomitmen bahwa harus ada trigger dalam bentuk pelatihan, ”ujar lelaki yang dikenal dengan nama Abu Yusuf saat diwawancarai usai membuka pelatihan TSFP Batch I di Podomoro City, Sabtu (25/6).

Meskipun secara statistik belum ada data jelas mengenai berapa perencana keuangan syariah, ungkapnya diharapkan melalui TSFP akan lebih memudahlan pedataan sekaligus akan lebuh menguatkan brand syariah dimana tujuan syariah harus tetap menjadi landasan utama.

“Data secara resmi belum ada dan diharapkan melalui komunitas ini akan merapat para perencana keuangan syariah,”jelasnnya.

Abu Yusuf mengungkapkan bahwa menjadi seorang perencana keuangan syariah yang bersertifikasi itu sangat penuh pertimbangan dimana seorang Sharia’ah Financial Planners selain mereka menguasai ilmu keuangan melalui berbagai uji kelayakan juga mereka harus memahami Alquran dan As Sunnah yang merupakan landasan utama seorang perencana keuangan syariah.

“Kami berharap melalui Komunitas Perencana Keuangan Syariah ini akan lahir para perencana keuangan syariah yang akan lebih mendukung kemajuan sistem syariah di Indonesia. ”sebut Abu Yusuf lagi.

Dalam TSFP ini, ungkap Abu, pihaknya mencoba lebih mengkonsentrasikan pada isi materi yang mengkolaborasikan berbagai materi termasuk materi yang disebut Fundamental Shariah Planning yang membahas mengenai perencana keuangan syariah dalam Alquran dan Hadist dengan menghadirkan langsung ahlinya.

“Kami lebih concern ke materi dengan langsung menghadirkan seorang ustad yang pahal Ilmu Quran dan Alhamdulillah beliau tamatan Kairo Mesir,”jelasnya.

Para Candidate Training For Shariah Financial Planner Batch I

Training for Shariah Financial Planner merupakan Program Certificate of Shari’ah Financial Planner (CSFP) sebagai program non gelar akademis (diknas) bagi pelaku dan organisasi yang ingin mengembangkan kompetensi manajemen keuangan komprehensif yang berlandaskan syariah.

Sumber : IBnews Eramuslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...