Sukuk Ritel Alternatif Investasi yang Aman

Sukuk RitelDirektur Utama AAA Sekuritas, Andri Rukmintoro sukuk ritel seri SR-003 dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif investasi obligasi yang aman. ”Karena sukuk ritel seri SR-003 ini diterbitkan oleh pemerintah dan dilindungi negara,” katanya.

Untuk 2011 ini, pihaknya menargetkan penjualan sukuk ritel Rp 250 miliar. Di 2010 lalu, AAA Sekuritas berhasil mecatat penjualan sukuk hingga Rp 585 miliar dari target Rp 150 miliar sementara di 2009, perusahaan ini juga mencatat penjualan sukuk hingga Rp 670 miliar dari target Rp 100 miliar.

”Untuk yang ketiga ini, kita ingin agar hasil yang baik ini masih bisa dijaga, apalagi melihat likuiditas dan animo pasar sangat baik di sukuk ritel satu dan dua. Diharapkan yang ketiga juga begitu,” katanya.

Ia mengatakan nantinya SR-003 berbentuk kupon. Ia memiliki tenor (jangka waktu) hingga tiga tahun.

”SR-001 waktu itu sudah kita jual di tiga kota. Sementara SR-002 di lima kota,” tambahnya. ”Untuk yang sekarang, melalui Departemen Keuangan, sudah disosialisasikan terlebih dahulu di Aceh, Bali, Manado.”

Pemerintah Indonesia akan mulai menerbitkan sukuk ritel SR-003, 23 Februari mendatang. Kementrian Keuangan RI berjanji tidak akan ada pembatasan bagi investor untuk membeli sukuk ritel dengan nilai jual minimun Rp 5 juta tersebut.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...