Sukuk Asia Bantu Pulihkan Pasar Global

Sukuk Asia
Permintaan sukuk yang meningkat di Asia diharapkan dapat membantu pulihnya pasar sukuk global di semester kedua dari dampak krisis keuangan global. Penerbitan sukuk yang terjadi di Indonesia dan Malaysia telah menjadi katalis dalam pasar sukuk global.

Hal tersebut diungkapkan Deputy Chief Executive Officer HSBC Amanah, Razi Fakih. Ia menuturkan, sukuk menjadi instrumen penting di keuangan syariah. ”Kami cukup optimistis akan ada lebih banyak penerbit sukuk di semester kedua 2010,” ujarnya, Rabu (14/7).

HSBC telah menangani 13 penerbitan sukuk di semester pertama tahun ini. Sebelumnya, Fakih menyebutkan, pihaknya optimis HSBC akan dapat melebihi jumlah mandat penerbitan sukuk di tahun lalu yang mencapai 15 mandat. Beberapa waktu lalu HSBC membuka kantor cabang syariah di Qatar. Kantor cabang pertama di Timur Tengah di luar Arab Saudi itu ditujukan untuk melayani nasabah ritel dan korporasi.

Fakih mengatakan, pembukaan kantor cabang di Qatar dilakukan sebagai respon HSBC atas meningkatnya permintaan di negara itu. Ia pun mengharapkan Qatar menjadi pasar yang dapat menyumbang potensi pertumbuhan yang signifikan ke depan.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...