Sistem Pembiayaan Bank Syari’ah

Pembiayaan Produktifitas bank syariah
Penggolongan pembiayaan produktif penggunaanya terdiri atas:

a)  Pembiayaan modal kerja, yaitu pembiayaan yang diberikan oleh bank untuk menambah modal kerja untuk memenuhi kebutuhan

  • Meningkatkan produksi baik secara kuantitatif, yaitu jumlah hasil produksi, maupaun secara kualitatif, yaitu peningkatan kualitas atau mutu hasil produksi.
  • Untuk keperluan perdagangan, misalnya permbiayaan ekspor, pembiayaan pertokoan, leveransir dan sebagainya.

b) Pembiayaan Inventasi, yaitu pembiayaan yang diberikan oleh bank kepada perusahaan untuk digunakan melakukan investasi dengan membeli barang-barang modal (capital goods) byaitu barang-barang yang digunakan untuk memproduksi barang-barang yang lain atau untuk menghasilkan jasa-jasa pelayanan.
Pembiayaan Modal Kerja bank syariah
a) Pembiayaan Likuiditas (cash financing)
b) Pembiayaan piutang (receivable financing)
Bank konvensional biasanya memberikan fasilitas berupa hal-hal berikut :

  • Pembiayaan Piutang (receivable financing)

Bank konvensional biasanya memberikan pinjaman dana kepada nasabah untuk mengatasi kekurangan dana karena masih tertanam dalam piutang.

  • Anjak Piutang (Hiwalah)

Untuk keperluan anjak piutang (hiwalah). Bank dapat memberikan fasilitas kepada nasabah. Untuk ini nasabah harus mengeluarkan draf (wesel tagih) yang diakses oleh pihak yang berhutang atau promissory notes (promes) yang diterbitkan oleh pihak yang berutang. Kemudian diendors (pengalihan hak) oleh nasabah.

  • Pembiayaan persediaan (inventory fianancing)

Bank konvensional dapat memberikan kredit modal kerja yang dpat digunakan untuk mendanai pengadaan persediaan (inventory financing), yakni persediaan sebagai cadangan bahan baku, bahan penolong yang digunakan dalam operasi dan barang jadi perusahan, yaitu memberikan kredit dengan bunga.

  • Pembiayaan Konsumtif

Pembiayaan konsumtif diperlukan oelh pengguna untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan akan habis dipakai untukmemenuhi kebutuhan konsumsi, dan akan habis dipakai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...