Sinergi Bank Syariah-Lembaga Zakat Dorong Pemberdayaan Umat

Layanan cash management bagi lembaga zakat di bank syariah mempermudah muzaki untuk menyalurkan zakat. Di sisi lain hal tersebut akan mendorong pemberdayaan umat lebih luas karena adanya kemudahan layanan yang ditawarkan bank.

Pengamat ekonomi syariah, Veithzal Rivai, mengatakan melalui kerja sama lembaga zakat dengan bank syariah pun setidaknya terdapat jaminan bahwa dana dikelola secara islami sesuai prinsip syariah. ”Sinergi bank syariah dan lembaga zakat potensinya luar biasa karena selain pengelolaannya islami juga dapat mendorong pemberdayaan ekonomi umat,” jelasnya di Jakarta.

Di lain pihak, lanjutnya, bagi bank syariah pun sinergi tersebut dapat menjadi bentuk sosialisasi mengenai bank syariah dan salah satu sumber dana. Ia menambahkan, selama ini zakat belum terhimpun secara optimal di lembaga zakat melalui bank syariah karena masyarakat lebih mempercayai untuk penyaluran langsung ke mustahik.

”Bank syariah harus mempromosikan adanya kemudahan pembayaran zakat. Kalau bisa pembayaran zakat dilakukan melalui bank syariah saja, tidak di bank konvensional. Oleh karena itu bank syariah lainnya perlu bersinergi untuk layanan zakat,” cetus cendekiawan muslim ini. Badan Amil Zakat Nasional memperkirakan setidaknya zakat Indonesia memiliki potensi hingga Rp 16 triliun.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...