Sertifikasi Dorong Standarisasi Kualitas DPS

Perbankan syariah
JAKARTA–Wacana sertifikasi dewan pengawas syariah dapat menjadi suatu standarisasi menuju penasihat syariah yang mumpuni. Menurut pengamat ekonomi syariah, Mustafa Edwin Nasution, sertifikasi bisa saja dilakukan agar kualitas DPS yang ada lebih terstandarisasi.

”Sebetulnya DPS yang ada sekarang ini sudah menjalani proses screening di DSN, tapi jika dirasakan kurang sertifikasi bisa dilakukan karena dengan sertifikasi ada materi yang harus dikuasai oleh masing-masing DPS jadi mereka harus mengetahui minimal ilmu pengetahuan syariah tertentu,” papar Mustafa kepada Republika, Senin (6/9).

Sertifikasi tersebut, lanjut dia, hendaknya dapat dilakukan oleh suatu lembaga independen sehingga objektivitas terjaga. Mengenai standardisasi secara global, Mustafa menuturkan, hal tersebut merupakan upaya untuk melakukan standardisasi secara beragam. Ia mengakui sejumlah negara yang memiliki lembaga keuangan syariah mempunyai peraturan yang berbeda-beda.

Mustafa mencontohkan peraturan keuangan syariah di Malaysia yang agak liberal, berbeda dengan di Timur Tengah yang cukup ketat terhadap penerapan prinsip syariah dan pengembangan produk keuangan syariah. ”Sertifikasi secara global itu suatu usaha untuk melakukan pengembangan standarsasi yang seragam. Dengan adanya keseragaman ini juga jadi berakibat positif bagi perbankan syariah,” ujarnya.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...