Senegal Kembangkan Perbankan Syariah

masjid senegal
Zona Ekonomi Islam –Senegal melirik perbankan syariah untuk dapat membantu memacu perekonomian negaranya. Negara-negara tersebut pun mendorong penduduknya untuk mengajukan pembiayaan dan membuka tabungan di bank syariah.

Direktur Utama SYM International Finance, Birahim Seck, mengatakan Senegal kini sedang meninjau peraturan yang nantinya akan memungkinkan bank membuka unit syariah. ”Senegal akan dapat menarik dana dari Timur Tengah dengan adanya sistem untuk memfasilitasi pembiayaan syariah,” kata Seck, dimuat laman Bloomberg, Rabu (22/9).

Di Senegal sekitar 94 persen penduduknya belum memiliki tabungan. Seck menambahkan selama ini kurangnya regulasi dan pengetahuan yang mencukupi telah menghambat pertumbuhan Senegal. SYM International Finance sendiri membantu menarik investasi dari anggota Organisasi Konferensi Islam ke Afrika Barat.

”Anda harus memiliki sistem yang kuat tepat pada tempatnya, tapi sebagian besar negara Afrika Barat belum memiliki regulasi yang memperbolehkan bank syariah beroperasi,” ungkap Seck. Di Senegal penduduk Muslim mencapai 95 persen dari jumlah populasi yang mencapai 11,9 juta jiwa.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...