Senegal Gandeng Bahrain Kembangkan Keuangan Syariah

Pemerintah Senegal menggandeng Bahrain untuk membantu mengembangkan industri keuangan syariah di negaranya. Para pemimpin kedua negara tersebut pun yakin dengan mengembangkan Senegal sebagai pusat keuangan syariah akan menjadi pintu gerbang bagi lembaga keuangan Bahrain untuk memasuki wilayah Afrika Sub-Sahara.

Langkah tersebut dimulai dengan pertemuan dalam sebuah forum di Gulf Hotel, Bahrain, belum lama ini. Melalui kerja sama antara Pemerintah Bahrain dan Senegal forum tersebut menjadi ajang untuk membantu pemerintah Senegal mempromosikan Senegal Financial Services Centre dan menarik invetasi asing.

”Bahrain adalah sebuah hubungan bagi keuangan Islam dan konvensional dan kami ingin membangun hubungan dengan sektor keuangan Bahrain dan belajar dari pengalaman mereka,” ujar chief executive officer SYM International Finance Corporation, Birahim Seck, sebagaimana dikutip laman Gulf Daily News, Kamis (1/7).

Seck yang telah melanglang buana ke Eropa dan Amerika Serikat mengakui telah mengetahui pandangan dunia luar mengenai arti Bahrain dalam industri keuangan syariah global. Oleh karena itu, pihaknya pun ingin mengambil pelajaran dari pertemuan tersebut, sehingga dapat menarik investasi ke Senegal.

Seck menambahkan, Senegal sendiri telah menjadi pusat layanan keuangan di Afrika Barat. Sebagian besar dari perusahaan internasional dan lembaga keuangan yang beroperasi di wilayah Afrika Barat menempatkan kantor pusatnya di Senegal.

Dalam hal ini bank di Bahrain memiliki kesempatan baik karena Senegal memiliki stabilitas keuangan, ekonomi, dan politik serta hubungan diplomatik yang sangat baik antara Senegal dan Bahrain. ”Senegal dapat digunakan sebagai pintu masuk tidak hanya untuk Afrika Barat, tetapi juga bagi seluruh wilayah sub Sahara Afrika,” tegas Beck.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...