SDM BMT Perlu Sertifikasi

BMTUntuk meningkatkan profesionalisme dalam pengelolaan BMT, Direktur Induk Koperasi Syariah (Inkopsyah – BMT) Arisson Hendry, menggulirkan gagasan pentingnya sebuah sertifikasi, dengan demikian akan berguna bagi pengembangan BMT kedepan.

Menurutnya banyak pelaku-pelaku BMT yang ada selama ini tak memiliki sertifikasi sesuai dengan standarisasi. Sehingga hal tersebut sangat berpengaruh bagi BMT. Maka akibatnya banyak BMT yang mengalami mati suri. “Saya harap kedepan sudah ada lembaga yang melakukan sertifikasi bagi pelaku BMT,”terangnya.

Sementara Direktur Eksekutif Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Achmad Iqbal mengatakan, bahwa sertifikasi profesi BMT atau koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) sangat penting bahkan dalam peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah memberikan arahan yang jelas bagi SDM Koperasi Jasa Keuangan yang didalamnya juga koperasi syariah harus memiliki standarisasi sertifikasi, baik manager hingga Account Officer. Maka dengan peraturan tersebut lembaga sertifikasi profesi bagi BMT harus segera berdiri dan mendapatkan perijinan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Terkait dengan hal tersebut MES akan selalu mengadvokasi regulasi tersebut bagaimana untuk mewujudkannya,”kata Iqbal.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...