Salurkan Zakat, BRI Syariah Rangkul Baznas

ekonomi islamSebagai salah satu instrumen ekonomi Islam yang bersifat sosial, zakat menjadi sesuatu yang penting dalam memberdayakan harta demi kesejahteraan umat. Hal tesebut yang menjadikan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah saat ini sedang merancang dirinya sebagai distribution chanel bagi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam menghimpun dana zakat.

“Kita punya ATM, nanti ada SMS Banking, jaringan kantor kita ada lebih dari seratus belum lagi office chaneling kantor cabang BRI, itu semua nanti kita pakai sebagai basis pengumpulan zakat bagi BAZNAS,” ungkap Corporate Secretary BRI Syariah, Lukita Tri Prakasa pada pkesinteraktif.com saat ditemui di kantornya.

Ia menambahkan penghimpunan zakat sendiri tidak hanya dari nasabah tetapi karyawan BRI Syariah juga dihimpun zakat pendapatannya. Selain dari itu BRI Syariah juga akan mengimpun dana kebajikan berupa infak, sodaqoh, dan pembayaran denda dari nasabah.

Ketika ditanya berapa potensi nilai zakat yang akan terhimpun? Lukita mengungkapkan bahwa pihaknya masih menunggu hingga akhir bulan untuk mengetahui berapa nilainya. Namun untuk sampai saat ini sudah terdapat 1,5 miliar dana yang terhimpun di rekening zakat. Sedangkan Untuk penyaluran zakat, BRI Syariah menyerahkan penuh kepada BAZNAS.

“Semua dana yang disalurkan ke BAZNAS tersebut juga bagian dari CSR kami,” jelasnya.

Lukita juga mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini sedang membuat sebuah sistem database dimana setiap nasabah yang membayar zakat melalui BRI Syariah akan tercatat setiap tahunnya jumlah zakatnya tersebut. Data tersebut akan dilaporkan ke nasabah, lalu bisa digunakan sebagai pengurang pajak pendapatan di akhir tahun.

“Laporan tersebut bisa menjadi pengurang pajak di akhir tahun, dengan syarat nasabah harus memiliki Nomor Pokok Wajib Zakat,” pungkasnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...