SAHAM SYARIAH

Saham termasuk bagian dari pasar modal / bursa efek adalah gedung atau ruangan tempat diadakannya perdagangan efek / saham, sedangkan yang di maksud dengan saham adalah tanda penyertaan modal pada suatu perusahaan. Keikut sertaan masyarakat dalam kepemilikan perusahaan itu dilakukan dengan jalan menawarkan kepada masyarakat untuk turut serta dalam struktur permodalan sehingga perusahaan menjadi perusahaan public yang masyarakat ikut serta dalam kepemilikannya.
Pernyataan modal dalam masyarakat ini dilakukan dengan cara menawarkan saham (bagian-bagian modal perusahaan) kepada masyarakat luas, yang pada gilirannya melakukan transaksi jual beli saham, dan lazimnya dilakukan dilantai bursa efek, kurs saham bisa berubah-ubah sesuai kondisi pasar.
Hokum jual beli saham menurut ketentuan hokum isalam adalah nash yang terang tentang hal ini dalam Al-Qur’an dan hadits tidak dijumpai. Namun demikian jual beli saham tidak bertentangan dengan hokum islam. Akan tetapi perlu dicatat bahwa kebolehan jual beli saham tersebut hanya sebatas saham-saham yang bidang usahanya tidak bertentangan dengan syariat islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...