Rasio kecukupan modal (CAR) Perbankan Syariah Meningkat

Perbankan Syariah
Zona Ekonomi Islam–Rasio kecukupan modal (CAR) bank umum syariah (BUS) dan unit usaha syariah (UUS) di tahun ini cenderung mengalami peningkatan. Berdasar Statistik Perbankan Syariah BI, per Agustus 2010, CAR BUS dan UUS tercatat 14,66 persen, sedangkan per Januari 11,26 persen.

Menurut Direktur Utama MC Consulting, Wahyu Dwi Agung, peningkatan CAR perbankan syariah tersebut terjadi karena didorong oleh bertambahnya sejumlah BUS pada tahun ini, baik melalui konversi maupun spin off. “Bagi BUS baru ada ketentuan modal minimal Rp 500 miliar jadi dengan itu otomatis bank syariah tambah modal dan CAR jadi meningkat,” katanya kepada Republika, Rabu (6/10).

Selain itu, tambahnya, bank syariah eksisting yang turut menambah modal tahun karena adanya komitmen modal besar dari pemegang saham dan juga laba ditahan dari perolehan tahun lalu ikut mendongkrak CAR. Di sisi lain, lanjutnya, ekspansi BUS baru yang belum terlalu signifikan pada tahun ini juga turut berkontribusi, sehingga membuat CAR meningkat.

Namun, menurut Wahyu, setidaknya CAR BUS baru dapat mencapai sekitar 20 persen untuk menjaga CAR tetap di level aman dan ideal saat melakukan ekspansi nanti. “Jika ekspansi CAR bisa melorot, jadi harus ada komitmen modal besar dari pemegang saham,” cetus Wahyu.

Ia menambahkan kendati BI menetapkan batas minimum CAR delapan persen, namun idealnya CAR perbankan berada di kisaran 12 persen. Dengan demikian bank memiliki modal cukup untuk backup risiko.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...