Qatar Islamic Bank Borong Sukuk 344 Juta Dolar AS

Qatar Islamic Bank membeli sukuk yang diterbitkan pemerintah Qatar senilai 1,25 miliar riyal (344 juta dolar AS). Sukuk bertenor delapan tahun itu berdasar kontrak leasing dan dijamin oleh pemerintah Qatar.

”Inisiatif investasi ini bertujuan untuk menarik kelebihan likuiditas di industri keuangan dan menawarkan bank lokal mapan kesempatan untuk berinvestasi yang memiliki hasil tinggi,” kata Chief Executive Officer Qatar Islamic Bank, Salah Mohammed Jaidah, sebagaimana dikutip laman Bloomberg, Selasa (22/6).

Qatar, pemegang cadangan gas alam ketiga terbesar di dunia, menjual 5 miliar riyal sukuk pada awal bulan ini untuk mengembangkan pasar utang domestik. Sukuk tersebut memiliki nilai kupon sebesar 6,5 persen.Penjualan tersebut adalah yang pertama dari negara Teluk sejak masuk ke pasar utang internasional pada November lalu yang mengumpulkan dana 7 miliar dolar AS.

Qatar menghabiskan miliaran dolar untuk diversifikasi ekonomi dan berencana untuk berinvestasi dalam proyek infrastruktur, minyak, dan gas bumi internasional, dan tempat-tempat olahraga dan budaya. Qatar Islamic Bank, yang merupakan bank negara terbesar keempat di sisi aset, melaporkan penurunan laba 14 persen di kuartal pertama menjadi 300 juta riyal. Bank tersebut pun berencana untuk melakukan penerbitan sukuk pertamanya sebanyak 750 juta dolar AS.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...