Produk-Produk Remittance Bank Syariah

ekonomi islamSelain sudah mampu memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, bank syariah juga dituntut dalam memberikan pelayanan dalam jasa keuangan antar perbankan ke luar negeri. Hal ini disebabkan karena banyak diantara warga Indonesia selama ini menjadi—tenaga kerja luar negeri. Untuk memudahkan transaksi keuangan, bank syariah meningkatkan kualitas produk remitance-nya.

Khusus Bank Muamalat untuk meningkatkan produk remittance-nya di Malaysia menjalin kerjasama dengan Maybank (MBB) dan Bank Muamalat Malaysia (BMMB). Dengan demikian para TKI dan TKW yang bekerja ditanah jiran tersebut bisa mengirimkan uang ke Indonesia dengan mudah.

Direktur Bank Muamalat, Farouk A. Alwyni, mengatakan pengembangan international banking perlu diperkuat oleh Bank Muamalat, apalagi saat ini tuntutan masyarakat global yang menginginan bank syariah memiliki fasilitas layanan internasional. Produk remittance merupakan strategi Bank Muamalat dalam memanfaatkan dana-dana asing yang bisa dikelola oleh Bank Muaamalat.

”Saya rasa konsep tersebut akan terus kami kembangkan,”paparnya.

Sedangkan Bank Mega Syariah (BMS) dalam mengembangkan produk remittance bekerjasama dengan MoneyGram International. Dengan kerjasama MoneyGram, kata Direktur Utama BMS Beny Widjcaksono, menjadi nilai tambah bagi BMS.

“Bank Mega Syariah membangun kerjasama dengan MoneyGram yang telah dipercaya aman, cepat dan terjamin untuk pengiriman dan penerimaan uang. Guna mengembangkan produk remittance internasional, untuk memperluas layanan bagi Bank Mega Syariah serta untuk meningkatkan pendapatan fee based, maka Bank Mega memilih MoneyGram International sebagai mitra dalam bisnis pengiriman uang global,”tuturnya.

Memang untuk saat ini, banyak bank-bank syariah berlomba-lomba dalam layanan remittance. PT Bank Syariah Mandiri (BSM) dalam mengembangkan produk remittance sangat spektakuler dengan menjalin kerjasama PT XL Axiata Tbk. Produk tersebut diberi nama Transfer Instan.

Transfer Instan adalah jasa pengiriman uang yang disediakan oleh XL selaku Operator dan BSM selaku Mitra Utama. Transfer Instan memungkinkan pelanggan XL di Tanah Air menerima dana secara langsung dari Malaysia, Hongkong, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika. Untuk tahap awal, dana tersebut dapat diterima secara tunai oleh keluarga TKI di Indonesia melalui outlet-outlet kantor Pos di seluruh Indonesia

Direktur Utama BSM Bpk. Yuslam Fauzi mengatakan, sejak diluncurkan pada 2008 silam, layanan XL Transfer Instan terus berkembang secara menggembirakan baik dari sisi bisnis maupun sosial. Layanan ini terbukti telah mampu mempermudah cara pengiriman uang dari luar negeri ke Indonesia dengan biaya yang murah sehingga cukup membantu terutama saudara-saudara kita TKI di Malaysia, Hongkong, dan Timur Tengah.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...