PLN Terbitkan Sukuk Ijarah

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bakal menerbitkan obligasi XII 2010 senilai Rp 2,5 triliun dan menerbitkan sukuk ijarah V 2010 dengan seluruh sisa imbalan ijarah maksimal Rp 500 miliar. Dana hasil penerbitan obligasi dan sukuk ijarah tersebut akan digunakan seluruhnya untuk mendanai kegiatan investasi jaringan distribusi tenaga listrik.

Obligasi yang diterbitkan tanpa warkat, terdiri atas dua seri, yakni seri A berbunga tetap dengan jangka waktu lima tahun. Sedangkan obligasi seri B, berbunga tetap dengan jangka waktu 12 tahun, hal itu tertuang dalam prospektus perseroan yang dipublikasikan di Jakarta, Selasa (15/6). Obligasi ditawarkan dengan nilai 100 persen dari jumlah pokok obligasi. Kupon obligasi dibayarkan setiap triwulan, sesuai dengan tanggal pembayaran masing-masing bunga obligasi.

Sementara, untuk sukuk ijarah juga terdiri atas dua seri. Sukuk ijarah seri A dengan imbalan ijarah sebesar Rp 1 miliar berjangka waktu lima tahun dan seri B (senilai sama dengan seri A) berjangka waktu 12 tahun. Sukuk ijarah juga ditawarkan dengan nilai 100 persen dari sisa imbalan ijarah. Imbalan ijarah juga dibayarkan setiap triwulan.

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah memberikan peringkat AA+ untuk obligasi PLN XII dan sukuk ijarah PLN V. Bertindak, sebagai penjamin pelaksana (underwriter) emisi obligasi dan sukuk ijarah, dari perusahaan pelat merah itu, diantaranya PT Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Trimegah Securities Tbk.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...