Pertumbuhan Perbankan Syariah 2012 Stagnan?

ekonomi islamPertumbuhan perbankan syariah pada 2012 mendatang diprediksi tidak akan signifikan atau stagnan. Prediksi tersebut melihat tidak adanya kebijakan pemerintah yang berpihak pada pengembangan bank syariah pada tahun ini.

Padahal, pertumbuhan perbankan syariah pada tahun ini belum dapat mengimbangi besarnya pangsa pasar di Indonesia. “Kalau lihat kondisi tahun ini, tidak terlalu optimis pertumbuhan bank syariah akan naik signifikan. Pertumbuhan tahun depan tentu tergantung pada action pemerintah tahun ini, “ ujar Sekretaris Jenderal Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo), Bambang Sutresno.

Target pertumbuhan perbankan syariah sebenarnya telah terpenuhi yakni 40 persen. Namun, dengan pertumbuhan itu, pangsa pasar perbankan syariah belum dapat melampui 5 persen. Tahun depan, kondisi tersebut diprediksi tidak akan berubah signifikan.

Untuk menaikkan pangsa pasar tersebut, kebijakan pemerintah harus berpihak pada perbankan syariah. Hal itu seperti penyaluran pembiayaan ke perbankan syariah. Pembiayaan itu akan membantu bank syariah untuk ekspansi produk termasuk pelayanan.

Pelibatan perbankan syariah pada ekonomi nasional juga dinilai masih minim. Salah satu indikatornya, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) baru dilakukan satu bank syariah. Padahal, menurutnya, bank syariah lain menyatakan siap menyalurkan KUR.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...