Pertumbuhan Asuransi Syariah Imbangi Asuransi Konvensional

Asuransi Syariah
SURABAYA–Pertumbuhan pasar asuransi syariah kian bergairah. Itu ditunjukkan lewat meningkatnya jumlah nasabah atau polis yang diterbitkan tiap bulan. Dibandingkan dengan asuransi konvensional, posisi asuransi syariah saat ini fifty-fifty.

Padahal pada tahun lalu, posisi asuransi konvensional masih memimpin pasar 70 persen dan asuransi syariah 30 persen. ”Pertumbuhan asuransi syariah pada tahun 2010 ini memang sangat signifikan. Peluang pasar asuransi syariah dan konvensional 50-50. Itu kondisi dalam dua bulan terakhir pascasemester I tahun ini,” kata Presiden Direktur AXA Financial Indonesia, Ardin Lauhatta, di Surabaya, Senin (9/8).

Menurutnya, pertumbuhan pasar syariah itu mengerek pertumbuhan asuransi AXA secara umum, baik konvensional maupun syariah. Secara umum, lanjutnya, tahun 2009 jumlah nasabah tiap bulan tercatat 500-700 orang. Sedangkan sekarang, utamanya per semester I 2010 tumbuh menjadi 3.500 orang tiap bulan.

”Asuransi syariah ini juga diminati non-Muslim karena dinilai lebih transparan. Awal tahun kemarin asuransi syariah ini belum tinggi, tapi pascasemester I 2010 tumbuh menggairahkan. Karena solusi keuangan dan perlindungan nasabahnya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Dengan syariah itu, nasabah dapat merencanakan masa depan sekaligus menolong sesama yang membutuhkan,” jelas dia.

Ardin menegaskan, bertambahnya nasabah syariah itu justru dibarengi dengan penghapusan 2.000 menjadi 1.000 agen asuransi yang ada. Kebijakan ini dilakukan lantaran AXA lebih mementingkan agen berlisensi. Pihaknya sangat memperhatikan kualitas agen. Apalagi, katanya, agen mendapat pelatihan berkualitas sehingga mereka dapat memberikan rekomendasi sesuai kebutuhan nasabah.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...