Perkirakan Aset BMT

BMT
Zona Ekonomi Islam–Bisnis BMT di Indonesia berkembang dengan pesat. Chief Executive Officer Permodalan BMT Ventura, Saat Suharto, mengatakan saat ini terdapat sekitar 3.000 BMT di Tanah Air dengan perkiraan aset Rp 3,2 triliun.

”Sampai akhir tahun ini diperkirakan aset BMT dapat mencapai Rp 3,8 triliun. Sebagian besar pembiayaan BMT disalurkan ke sektor perdagangan sesuai dengan basis BMT yang mudah dijumpai di pasar tradisional,” ujar Saat di Jakarta, Selasa (5/10).

BMT tumbuh pesat di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Selain itu sejumlah BMT juga tersebar hingga ke Indonesia timur. Saat juga mengatakan, jumlah usaha mikro yang mencapai 40 juta orang membuat peluang di pasar tersebut masih cukup besar. Namun seiring dengan maraknya sejumlah bank asing juga masuk ke mikro setidaknya perlu ada buffer yang dapat menjadi bantalan usaha mikro saat terjadi krisis global.

Dia mengatakan, saat ini memang masih banyak usaha mikro yang belum memperoleh akses layanan keuangan. Dari sekitar 40 juta usaha mikro, jelasnya, baru kurang dari 10 juta usaha mikro yang mendapat akses lembaga keuangan.

Pihaknya pun menyambut baik lembaga keuangan yang masuk ke mikro, namun kerja sama pun harus dilakukan hati-hati. ”Saat krisis global lalu, korporasi banyak yang terguncang. Usaha mikro tidak terlalu. Dengan masuknya bank asing ke mikro ini nanti akan terintegrasi dengan global, karena itu perlu ada buffer, seperti regulasi pemerintah untuk melindungi usaha mikro, siapa yang akan provide ketika anjlok karena krisis global. Sekarang asing terlalu bebas masuk,” ujarnya.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...