Perbankan Syariah Desain Pasar Perempuan

Perbankan Syariah
Zona EKonomi Islam–Kaum wanita dapat turut berkontribusi bagi pengembangan industri keuangan syariah. Namun diperlukan grand design yang jelas untuk menangkap peluang tersebut, serta sinergi seluruh pihak.

Pengamat ekonomi syariah, Handi Risza Idris, mengatakan kaum wanita memiliki potensi besar menilik di sejumlah daerah kaum hawa juga menjadi tulang punggung keluarga, selain menjadi pengelola keuangan. ”Namun untuk sektor industri keuangan syariah ini belum ada skala prioritas dan grand design yang jelas, apakah mau ke UKM atau korporasi. Ide perbankan syariah untuk wanita yang muncul pun jadinya tidak terespon dengan baik,” katanya kepada Republika, Kamis (7/10).

Selain itu, lanjutnya, pengembangan layanan keuangan syariah bagi perempuan pun setidaknya perlu didukung oleh data yang akurat mengenai kontribusi perempuan baik di sektor domestik rumah tangga maupun di luar itu. Dengan demikian pengembangan keuangan syariah bagi kaum hawa tak hanya sekedar wacana semata.

”Agar bisa terealisasi perlu dukungan peran dan sinergitas semua pihak, tidak hanya di kalangan pengamat atau industri keuangan syariah. Ini perlu kesadaran kolektif bersama,” ujar Handi.

Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pun dapat turut berpartisipasi. Dengan dukungan seluruh pihak, jelas Handi, maka pasar yang sebenarnya memiliki potensi besar namun termarginalkan dapat terakomodasi dengan baik.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...