Pembiayaan Konsumer Didominasi Pembiayaan Perumahan

ekonomi islamPembiayaan konsumer bank masih didominasi oleh transaksi untuk pembiayaan perumahan. Pembiayaan perumahan tidak hanya dirasakan oleh bank konvensional saja, tetapi bank syariah juga ikut nerasakannya. Bahkan, pembiayaan perumahan bank syariah lebih mendominasi dari pada dari pembiayaan perumahan dari perbankan konvensional. Diharapkan, pembiayaan konsumer tersebut dapat terus meningkat.

Penyaluran pembiayaan consumer Bank Muamalat mencapai Rp 6 triliun pada September. Dari jumlah pembiayaan itu, 60 persen berasal dari pembiayaan perumahan. Gambaran tersebut menjadi bukti bahwa pembiayaan perumahan telah mendominasi transaksi di perbankan syariah dan pembiayaan konsumer pada umumnya.

Portofolio pembiayaan Bank Muamalat telah mencapai Rp 30 triliun per September 2011. 60 persenberasal dari pembiayaan perumahan, dan 40 persen berasal dari pembiayaan kendaraan. Pembiayan consumer dari pembiayaan perumahan dan kendaraan ditargetkan meningkat mencapai Rp 7 triliun pada akhir tahun.

Di BNI Syariah juga memfokuskan pembiayaan consumer untuk pembiayaan perumahan atau BNI IB Griya. Pembiayaan perumahan BNI Syariah mencapai 40 persen. Ditargetkan, BNI Syariah dapat meraih Rp 500 miliar dari pembiayaan perumahan hingga akhir tahun 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...