Peluncuran Koperasi Syariah 165

Koperasi SyariahKoperasi Syariah 165 yang merupakan wadah dalam melakukan total action di bidang pemberdayaan ekonomi umat oleh alumni ESQ, diluncurkan. Ditargetkan sebanyak 80 persen dari jumlah alumni ESQ akan menjadi anggota koperasi tersebut ke depannya.

Ketua Dewan Pengurus Koperasi Syariah 165, Adi Sasono, menuturkan koperasi syariah ini bertujuan untuk melakukan pemberdayaan ekonomi umat dengan tujuan mendorong tercapainya cita-cita ‘Indonesia Emas 2020’. Menurutnya, pembentukan koperasi ini merupakan total action, di mana nilai-nilai yang ditanamkan dalam ESQ tidak cukup sekedar di kepala, namun juga dijalankan dalam sebuah tindakan nyata.

“Harapannya seiring perkembang usaha bersama anggota dalam kegiatan Koperasi Syariah 165 yang dapat menghasilkan infak sekurang-kurangnya sebesar Rp 100 miliar per bulan pada 2020,” tuturnya di Menara ESQ 165.

Adi menambahkan, Koperasi Syariah 165 itu juga diharapkan mampu mendayagunakan perkembangan IPTEK terkini untuk menjamin kemudahan pelayanan anggota koperasi secara transparan, akuntabel, dan produktif. Selain itu, menurut dia diharapkan juga dapat mendayagunakan potensi anggota sebagai dinamisator perkembangan sektor riil untuk memacu peningkatan kesejahteraan umat. “Saya optimis koperasi syariah ini akan menggerakan sektor riil,” tuturnya. Dijelaskannya, sistem dari layanan koperasi ini akan berbasis web yang berfiungsi sebagai portal pelayanan kepada anggota.

Ketua Dewan Pengawas Koperasi Syariah 165, Sugiharto memaparkan, saat ini setidaknya terdapat 94 angkatan alumnus ESQ atau kurang lebih sekitar 969 ribu alumnus. Setidaknya diperkirakan, lanjut dia, menjelang akhir tahun ini akan menyentuh satu juta orang alumnus. “Oleh karenanya saya optimis target capaian infak sebesar itu yang bertujuan untuk mensejahterakan umat akan tercapai seiring terus bertambahnya alumnus ESQ,” harap mantan Menteri BUMN itu.

Untuk diketahui, Koperasi Syariah ini bekerjasama dengan beberapa institusi terkait dalam pengembangannya, diantaranya yaitu, PT Republika Media Mandiri (RMM), Bank Syariah Mandiri (BSM), dan beberapa institusi usaha lainnya.

Direktur Operasional RMM, Tommy Tamtomo menjelaskan, nantinya bentuk kerja sama dengan Republika, yakni Koperasi Syariah 165 akan memilih media Republika sebagai media informasi dari kegiatan koperasi dan alumnus ESQ. “Diharapkan kerja sama ini akan saling menguntungkan, dan network yang terbangun dari kerja sama ini nanti dapat menjadi pengusung nilai-nilai moral yang terkandung dalam ESQ itu sendiri,” tuturnya.

Sedangkan BSM ditunjuk sebagai Bank yang memfasilitasi sistem informasi dalam bertansaksi di koperasi dan sebagai bank penyimpanan.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...