Pegadaian Usul Ke Pemerintah, Pembiayaan Haji Pakai Emas

ekonomi islamPerum Pegadaian saat ini mencoba melempar wacana tentang perlu adanya alternatif dalam pembiayaan Haji. Alternatif yang ditawarkan Pegadaian yaitu emas sebagai alat untuk setoran ongkos Haji. Hal tersebut disampaikan Dirut Perum Pegadaian, Suwhono di acara Seminar Solusi Haji di Jakarta, Kamis (30/6) kemarin.

Suwhono menjelaskan jika selama ini setoran Haji menggunakan uang maka perlu adanya alternatif bentuk setoran tersebut dalam hal ini emas. Ia mencontohkan jika tahun 2005 ongkos haji setara dengan 171 gram, di tahun 2010 setara dengan 88 gram. Jadi berat emas berkurang. Sedangkan jika menggunaka emas ongkos haji dari tahun ke tahun selalu naik.

“Mengapa kita memilih emas? KKarena barang-barang yang biasa digadaikan adalah emas. Lalu kita juga punya ahli-ahli penaksir emas yang baik disetiap outlet Pegadaian,”ujarnya.

Lebih lanjut pihakny memang sampai saat ini masih mengkaji lebih dalam akan program emas tersebut. Jika pemerintah merespon program tersebut Pegadaian akan siap melaksanakannya.
“Kita memang belum ada komunikasi ke Kementrian Agama karena masih diolah. Namun kita berharap program ini lebih cepat lebih baik jika dapat direalisasikan,”tandasnya.

Jika terealisasi program tersebut akan masuk ke sektor Pegadaian Syariah dan Pegadaian konvensional yang menggunakan transaksi syariah.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...