Pedoman Umum GGBS Telah Diterbitkan

ekonomi islamUntuk menopang pengembangan operasional industri syariah di Indonesia berbagai pihak terus pengembangan, diantaranya dilakukan oleh Komite Nasional Kebijakan Governance (KWKG) yang menerbitkan Pedoman Umum Good Governance Bisnis Syariah (GGBS), yang berfungsi untuk peningkatan nilai-nilai keislaman dalam industri syariah.

Mas Achmad Daniri, dalam seminar nasional dan sekaligus peluncuran pedoman umum GGBS, di LPPI Kemang, Jakarta Selatan, kemarin (3/11), menuturkan, maksud dan tujuan penyusunan Pedoman Umum GGBS adalah sebagai acuan dalam berbisnis secara Islami, baik untuk lembaga yang sudah menyatakan diri sebagai entinitas syariah maupun yang belum. ”Dengan dikeluarkannya pedoman itu diharapkan dapat mendorong kesadaran dan komitmen untuk meningkatkan ketaqwaan, manfaat, dan keberkahan dalam berbisnis syariah,” paparnya.

Dengan adanya Pedoman Umum GGBS, Achmad Daniri menambahkan, bahwa bisnis yang dipandu oleh spiritual dan etika akan menciptakan iklim usaha yang sehat dan berkesinambungan dengan terwujudnya disiplin pasar yang lahir dan budaya governance bisnis yang baik. Hal ini sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw dengan harapan terwujudnya akhlaqul karimah sehingga dapat memberikan kemaslahatan dan kemanfaatan serta terhindar dari kemudharatan.

”Bisnis yang dijalankan dengan governance yang baik akan lebih memungkinkan untuk tetap sustainable atau berlangsung secara baik,” tegasnya.

Sementara dari kalangan praktisi dari PT Madani Karsa Mandiri (MKM) Sari Kesumawati mengatakan, Pedoman Umum GGBS sangat penting bagi industri syariah dan dengan adanya pedoman tersebut merupakan bukti konkrit bagaimana cara menjalankan bisnis secara syariah. Dengan demikian, kata dia, dalam mengembangkan bisnis syariah bukan hanya sekedar label saja tapi juga karakter diri juga harus sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...