Pasar Sukuk Global Tetap Dikuasai Asia

Pasar Sukuk Global
DUBAI–Penawaran sukuk diperkirakan akan semakin ramai dalam 18 bulan mendatang. Menurut Standard & Poor’s, penawaran tersebut akan dimotori oleh negara-negara di kawasan Asia, setelah menjadi yang terdepan dalam penjualan sukuk di tahun ini.

Berdasar data yang dihimpun Bloomberg, ketika penerbitan sukuk turun 17 persen secara global di tahun ini, tetapi Asia menguasai jumlah penerbitan sukuk. Tercatat total sukuk yang diterbitkan 5,3 miliar dolar AS, atau sekitar 68 persen dari total penerbitan sukuk 7,8 miliar dolar AS di seluruh dunia.

Sementara penjualan sukuk korporasi dari kawasan Teluk menurun 24 persen menjadi 2,5 miliar dolar AS di tahun ini. Jumlah tersebut adalah yang terendah sejak 2005 silam. Hal tersebut terjadi karena didorong oleh kejadian yang menimpa Dubai World yang mengumumkan restrukturisasi utangnya pada November 2009. ”Sukuk khususnya dari Asia terus didorong untuk membangkitkan pasar sukuk global,” kata Analis Kredit Standard & Poor’s, Mohamed Damak, sebagaimana dimuat laman Bloomberg, Rabu (4/8).

Namun di sisi lain, ia pun mengharapkan negara-negara lainnya yang baru mengembangkan industri keuangan syariah dapat masuk ke pasar sukuk dalam waktu dekat, setidaknya dalam 18 bulan ke depan.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...