Pangsa Pasar Perbankan Syariah Perlu Ditingkatkan

BMIDiakuinya, pertumbuhan bank syariah di Indonesia tersebut melebihi pertumbuhan bank konvensioanal yang hanya mencapai 18 persen. Meski tumbuh pesat, namun pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia masih kalah dengan pangsa pasar perbankan syariah di negara lain, seperti Malaysia.

“Pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia baru menyentuh ke angka 3 persen dari pangsa pasar nasional. Sementara perbankan syariah di Malaysia telah menyentuh angka 20 persen,” ujar Direktur Perbankan Syariah Bank Indonesia, Mulya Effendi Siregar.

Menurut Mulya, banyak kendala yang dialami perbankan syariah di Indonesia untuk peningkatan pangsa pasar tersebut. Padahal kata dia, dari sisi kualitas pertumbuhan perbankan syariah juga menunjukan peningkatan signifikan. Setidaknya hal itu terlihat dari rasio pembiayaan bermasalah (net performing financing) yang tetap terjaga pada posisi rendah dengan kisaran 1,64 persen, rasio penyaluran pembiayaan dibandingkan dana pihak ketiga (DPK) relatif tinggi yang mencapai 95,4 persen.

Sedangkan porsi pembiayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah sektor produktif tetap dominan dalam portfolio pembiayaan bank syariah.

Karena itulah kata dia, pihaknya optimis pertumbuhan perbankan syariah tahun 2011 bisa lebih pesat lagi asalkan ada kerjasama dengan berbagai stakeholders untuk mendukung itu. Baik itu BI sendiri ,perbankan, perguruan tinggi, dan masyarakat. Salah satu langkah untuk itu kata dia, adalah dengan forum semacam ini.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...