Pangsa Pasar Perbankan Syariah di Yogyakarta

Bank IndonesiaPangsa pasar perbankan syariah di Yogyakarta mencapai 5,8 persen. Dari data Bank Indonesia (BI) Yogyakarta, nilai aset perbankan syariah mencapai Rp 1,6 triliun dari total aset keseluruhan perbankan di wilayah itu, Rp 28 triliun.

Menurut Direktur Regional BI Yogyakarta, Dewi Setyowati, prospek bank syariah di wilayah ini amat signifikan. ”Dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp 1,3 triliun sementara pembiayaan mencapai Rp 1 triliun,” katanya.

Ia mengatakan tak ada kendala berarti yang dihadapi perbankan syariah di Yogyakarta. Hanya saja, ungkapnya, pendanaan yang besar dari bank syariah belum semuanya mampu terserap pasar usaha kecil menengah (UKM).
”Karenanya kami (termasuk perbankan syariah) bekerja sama dengan pemerintah provinsi. Ini dilakukan untuk mengembangkan kelompok-kelompok UKM,” jelasnya.

Menurutnya BI Yogyakarta juga mendata kelompok mana saja yang dianggap potensial. Sehingga jika suatu saat pemerintah kesulitan mendanai lagi UKM, pembiayaan dari bank syariah langsung bisa mengkover perkembangan UKM tersebut.

Pembiayaan yang digulirkan perbankan syariah di Yogyakarta didominasi pembiayaan produktif, investasi, dan modal kerja. Selain pasar yang ada terbuka lebar, Dewi mensinyalir hal ini terkait kepedulian perbankan syariah pada industri kecil sekaligus sosialisasi keberadaan mereka.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...