Pangsa Pasar Multifinance Syariah

Multifinance Syariah
Zona Ekonomi Islam –Aset perusahaan pembiayaan (multifinance) syariah masih di kisaran satu persen dari total aset multifinance nasional. Aset multifinance syariah tercatat Rp 2,6 triliun dari total aset nasional Rp 205 triliun.

Kepala Biro Pembiayaan dan Penjaminan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, M Ihsanuddin, mengatakan pertumbuhan multifinance syariah agak lambat dibanding multifinance lainnya. ”Pangsa pasar multifinance syariah masih di kisaran 1,3 persen karena masyarakat saat ini masih memilih-milih untuk menggunakan multifinance syariah. Sekarang ini bank syariah kan juga mulai berkembang dan bertambah,” kata Ihsanuddin usai Infobank Multifinance Award 2010 di Hotel Intercontinental.

Dalam mengembangkan multifinance syariah, lanjut dia, pihaknya pun membuka kesempatan bagi perusahaan yang ingin mendirikan unit multifinance syariah maupun perusahaan multifinance syariah. ”Namun kami tidak memaksakan perusahaan untuk membuka multifinance syariah. Kalau ada yang ingin mendirikan unit multifinance atau entitas multifinance terpisah kita kasih izinnya,” tukasnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini belum ada perusahaan baru yang mengajukan izin ke Bapepam-LK untuk membuka multifinance syariah. Di antara perusahaan dan unit multifinance syariah eksisting saat ini adalah Al Ijarah Finance, Amanah Finance, Trihamas Finance, Federal International Finance, Wahana Ottomitra Multiartha (WOM Finance), Mandala Multifinance, Trust Finance Indonesia.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...