Pangsa Pasar Bank Syariah Hanya 2,46 Persen

Bank Syariah
Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia, Riawan Amin mengatakan, pangsa pasar bank syariah hanya 2,46 persen. “Sulit bisa mencapai tiga persen, meski sebenarnya tidak layak bagi Indonesia yang penduduknya mayoritas Muslim,” ujarnya. Target pangsa pasar bank syariah yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) pada tahun 2010 adalah lima persen.

Masalahnya, menurut Riawan Amin, bank syariah kesulitan untuk meningkatkan modal yang dimiliki hanya satu persen dibandingkan dengan bank konvensional.
Dalam perhitungan kasarnya, modal bank konvensional mencapai Rp 260 triliun, sementara bank syariah sekitar Rp 2,5 triliun. “Bila modalnya terbatas ya sulit untuk tumbuh lebih jauh,” tuturnya.

Ia mengatakan, untuk menggenjot pangsa pasar syariah, Bank Indonesia dan pemerintah harus lebih berperan. Tanpa dukungan dua pihak itu, sulit untuk meningkatkan pangsa pasar bank syariah.

Dalam lima tahun terakhir, aset bank syariah rata-rata mengalami pertumbuhan 60 persen. Meski aset tumbuh menggembirakan, pangsanya dibanding bank konvesional masih terbatas.

Riawan mengatakan, masalah yang dihadapi perbankan syariah saat ini adalah sumber daya manusia terutama berada di level eksekutif. “Ini terkait dengan SDM, di mana di bank syariah itu masalahnya pada level pimpinan, kalau level bawah yang punya semangat syariah, tapi di level eksekutif tidak,” katanya.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...