Oman Makin Gencar Persiapkan Kehadiran Bank Syariah

ekonomi islamNegara Kesultanan Oman tengah gencar mempersiapkan kehadiran industry yang mengedepankan anti bunga ini baik kesiapan regulasi maupun kesiapan dari bank itu sendiri.

Berdasarkan informasi dari Oman News Agency bahwa Yang Mulia Sultan Qaboos bin Said Al Said telah menyetujui pembentukan bank syariah di kesultanan jika bank ingin begitu.

Dalam laman yang sama juga dinyatakan bahwa berbagai lembaga keuangan perbankan yang ada juga tengah mengkaji untuk menghadirkan jasa keuangan syariah tersebut.

Abdul Razak Ali Issa selaku Chief Excecuttive Officer (CEO), percaya bahwa layanan perbankan syariah akan berperan dalam pembangunan sosial dan ekonomi Oman.

Dia mengatakan bank tersebut akan meningkatkan sektor perbankan di negara secara keseluruhan dan akan meningkatkan persaingan, mencatat bahwa pengalaman positif dari beberapa negara Gulf Cooperation Council dalam perbankan syariah membuktikan model perbankan syariah adalah ‘satu yang sangat efisien’.
Begitu juga National Bank of Oman, yang 34,9 persen dimiliki oleh Commercial Bank of Qatar (CBQ) juga bisa menghadirkan jasa keuangan syariah di Oman dnegan pengalmannya di bidang tersebut di wilayah UEA.
Kemudian Ewan Stirling, Chief Executive Officer of HSBC Bank Middle East’s Oman menggarisbawahi fakta bahwa pengenalan keuangan syariah di Oman tergantung pada panjang waktu yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan peraturan yang diperlukan,

“Sampai kita memiliki kejelasan tentang peraturan, kita tidak mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan. negara yang berbeda memiliki pendekatan yang berbeda, sehingga tidak ada aturan baku. Jika regulasi tuntas dalam waktu cepat maka secepat itu pula HSBC akan memperkenalkan unit usaha syariah HSBC Amanah,” jelasnya dalam laman CPI Financial, Selasa (12/5).

Abdul Kader Askalan, Chief Executive Officer Oman Arab Bank berpendapat pengenalan keuangan syariah ke Oman benar-benar akan membantu bank-bank negara menjadi lebih kompetitif secara regional.

“Faktanya ada beberapa orang, dari pedagang untuk individu , yang berurusan dengan bank-bank syariah di negara-negara tetangga. Saya kira ada sejumlah besar deposito di bank syariah milik orang Oaman di negara-negara tetangga, “sebutnya.

Oman merupakan negara Kesultanan yang berada di jazirah Arab bagian tenggara wilayah Asia bagian Barat Daya yang berbatasan dengan Uni Emirat Arab di sebelah barat laut, Arab Saudi di Barat dan Yaman di barat daya. Memiliki sekitar 98,8 persen penduduk beragama islam.

Sumber : IBnews Eramuslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...