National Bank of Abu Dhabi Terbitkan Sukuk Perdana

National Bank of Abu Dhabi (NBAD) menerbitkan sukuk pertamanya. Sukuk berdenominasi ringgit tersebut berjumlah 500 juta ringgit.Dalam pernyataan resmi NBAD, penawaran yang masuk cukup besar dengan mencatat kelebihan permintaan (oversubscribed) hampir empat kali. Hal tersebut pun menunjukkan selera investor untuk risiko kredit NBAD.

Penerbitan sukuk ini menjaring basis investor yang cukup beragam, dengan rincian dari manajer investasi (48,3 persen, perusahaan asuransi (21 persen), lembaga keuangan (19,9 persen), instansi pemerintah (8,6 persen) dan perusahaan lainnya (2,2 persen). Pada sukuk bertenor lima tahun yang memiliki nilai kupon 4,75 persen ini, NBAD menunjuk HSBC Bank Middle East dan Maybank sebagai lead managers dan bookrunner untuk transaksi sukuk.

Penerbitan sukuk NBAD menjadi bentuk diversifikasi sumber pendanaan dan memungkinkan bank untuk masuk ke segmen investor. “Kami senang dengan hasilnya. Dengan mempertimbangkan penerbitan sukuk berdenominasi ringgit Malaysia ini merupakan sebuah terobosan besar karena membantu kami memperkenalkan kelompok baru investor untuk NBAD,” kata Senior General Manager NBAD Financial Market Division, Mahmood Al Aradi,sebagaimana dikutip laman btimes.com.my, Kamis (24/6).

Penerbitan sukuk yang dilakukan NBAD ini pun, lanjutnya, merupakan salah satu cara kreatif dalam menghimpun dana. Pasalnya sukuk tersebut memiliki format khusus pembiayaan yang memenuhi pedoman investasi ketat dari beberapa manajer aset Islam dan dana pensiun yang berbasis di Malaysia dan Asia. “Kami percaya penerbitan sukuk ini akan membuka pintu untuk emiten lain dari belahan dunia lainnya dan memperkuat hubungan yang telah terjalin dengan investor Asia,” kata Al Aradi.

Penerbitan sukuk berdenominasi ringgi itupun, tambah Al Aradi, menunjukkan fleksibilitas penerbitan bank untuk memenuhi kebutuhan spesifik investor. “Mengingat besarnya pool manajer aset Islam dan dana pensiun di Malaysia, kami memilih untuk memperluas jangkauan dan kami datang dengan produk yang cocok, yang memenuhi kebutuhan mereka,” ujar Al Aradi. NBAD termasuk salah satu dari 50 bank paling aman di dunia. NBAD saat ini beroperasi di 13 negara di empat benua.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...