Mulya E Siregar: Pentingnya Menciptakan Produk Baru

Mulya E SiregarDalam sosialisasi perbankan syariah beberapa waktu yang lalu di Medan Direktur Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia (BI) Dr. Mulya E. Siregar, menekankan pentingnya menciptakan sebuah produk baru dalam pengembangan perbankan syariah. Menurutnya pekerjaan tersebut tak mudah, maka perlu kerjasama yang baik antara para pihak terkait untuk menjadikan ekonomi Islam sebagai sebuah solusi ekonomi masyarakat.

Menanggapi peryataan tersebut Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Prof. Dr. Sofyan Syafri Haraharap, mengatakan untuk mempertahankan dan melanjutkan pengembangan perekonomian Islam di Indonesia, maka perlu sinergi antara stakeholder para perbankan syariah. Sambil mengutip perkataan Thomas kuhn seorang filosof, ia menjelaskan, bahwa sistem dan keuangan syariah masih dalam tataran individu serta idealisme, belum menjadi sistem yang harmonis untuk menjadi stakeholder yang dapat merambah dan dipercaya oleh lembaga keuangan di dunia.

Sofyan menegaskan, peluang untuk mengembangkan dan merevisi mekanisme ekonomi syariah tersebut sangat terbuka. Maka dari itu, semua pihak harus berkontribusi dalam mewujudkan dalam sistem yang baku untuk menguasai pasar internasional. “Untuk itu para bankir harus konsisten dalam memberikan pelayanan, servis, esplain dan terbuka,”ungkapnya.

Untuk mendukung prose situ semua, Sofyan mengingatkan agar semua akademisi harus terus melakukan penelitian, merubah konsep yang lebih baik dan menyoroti perjalanan kinerja yang berjalan. Selain itu pula, ulama juga harus ikut serta dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mau menjauhkan sistem ekonomi yang penuh dengan riba.

“Pemerintah dan para regulator harus mendukung dan adil agar masyarakat dapat meneriman serta tidak disalahkaprah bila ada sesuatu yang masih belum maksimal untuk dijalankan,” tuturnya.

Sumber : PKES Interaktif

2 comments on “Mulya E Siregar: Pentingnya Menciptakan Produk Baru

  1. hal tersebut memang perlu dilakukan mengingat seperti yang diutarakan diatas guna kemajuan dalam pengembangan bank ummat (bank syariah) namun perlu ditekankan bahwa dari sisi bank syariah harus membuka kesempatan pihak luar bank syariah dan mempermudah akses pihak luar bank syariah untuk dapat memberikan ide2 cemerlang guna menciptakan variasi produk yg dpt memajukan bank syariah,,saya yakin masyarakat,(seperti saya) diluar sana byk mnemukan ide2 penciptaan variasi ataupun inovasi produk namun tdk tau hrus kemana ide trsbut disalurkan krn bank syariah masih tertutup untuk ummat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...