Multifinance Syariah Optimis Berkompetisi

Multifinance Syariah
Zona Ekonomi Islam –Industri perusahaan pembiayaan di Indonesia cukup ramai dengan jumlah pelaku lebih dari 150 perusahaan. Di antaranya terdapat sejumlah perusahaan dan unit pembiayaan yang menjalankan prinsip syariah.

Namun di tengah ketatnya persaingan, perusahaan pembiayaan syariah pun cukup optimis dapat berkompetisi dengan perusahaan pembiayaan konvensional. Direktur Utama Al Ijarah Finance (Alif), Herbudhi S Tomo, mengatakan lembaga keuangan syariah dapat berkancah di industri perusahaan pembiayaan dengan menyajikan kinerja keuangan yang baik.

”Dengan itu jadi lembaga keuangan islam ini bisa berkompetisi sehat dengan perusahaan pembiayaan lainnya,” kata Herbudhi di sela Infobank Multifinance Award 2010 di Hotel Intercontinental, Jakarta.

Alif pun, lanjutnya, memperluas pasar dengan masuk ke ritel setelah selama ini dikenal hanya ke pembiayaan korporasi. Untuk menjangkau nasabah ritel, jelas Herbudhi, Alif akan berada di seluruh kantor cabang Bank Muamalat Indonesia pada 2011 sebagai bentuk kolaborasi dua perusahaan tersebut.

Namun, tambahnya, untuk dapat lebih mendorong bisnis perusahaan pembiayaan setidaknya perusahaan pun diperbolehkan menerbitkan instrumen dana yang berjangka panjang, sehingga memudahkan pembiayaan ke sektor yang lebih luas, seperti pembiayaan pemilikan rumah. Beberapa waktu lalu Alif telah memperoleh dana Rp 250 miliar untuk pembiayaan otomotif dari Bank Muamalat.

Sumber : Republika online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...