MUI Gelar Pameran Halal Internasional

ekonomi islamLembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) akan mengadakan pameran produk halal internasional yang akan berlangsung 24-26 Juni 2011, di Gedung SMEScO, Jakarta.

Menurut Direktur LPPOM MUI, Ir Lukman Hakim, MSI pameran ini disebut Indonesia Halal Expo (INDHEX 2011) untuk mengukuhkan Indonesia sebagai pusat halal dunia. “Sebagai negara dengan jumlah penduduk yang mayoritas Islam, tentu Indonesia merupakan konsumen potensial untuk aneka jenis produk halal,” kata Lukman.

Ia mengatakan, sebagai negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar, Indonesia merupakan konsumen potensial bagi aneka jenis produk konsumsi potensial bagi aneka jenis produk konsumsi seperti sandang, pangan, obat-obatan dan kosmetika dari negara-negara lain.

“Potensi pasar yang sangat besar tersebut merupakan peluang bagi perusahaan dalam negeri untuk menjadi tuan di negeri sendiri, antara lain dengan lebih menggencarkan sosialisasi produk halal melalui INDHEX 2011 ini,” jelasnya.

Pameran tersebut rencananya akan diikuti oleh produsen produk halal baik dari dalam dan luar negeri. Dalam pameran ini, kata Lukman, masyarakat akan mengetahui berbagai jenis produk, termasuk restoran yang di Indonesia dan dunia yang sudah memiliki label halal.

“Karena sekarang ini banyak restoran yang memasang label halal tapi belum memiliki pengesahan halal dariMUI,” paparnya.

Selain itu, lanjut dia, era perdagangan bebas regional dan internasional telah membuat pasar dalam negeri kebanjiran produk impor yang tidak dijamin kehalalannya.

Selain pameran dan ajang bazaar produk halal, Lembaga Sertifikasi Halal sebagai mitra LPPOM MUI juga akan ikut hadir dalam INDHEX 2011 kali ini. Tentunya para pengunjung dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertanya soal sertifikasi halal. Beragam rangkaian lainnya seperti lomba, hiburan, fashion show muslim, talk show, klinik sertifikasi halal dan aneka demo produk pangan dan kecantikan.

Sumber : PKES Interaktif

One comment on “MUI Gelar Pameran Halal Internasional

  1. alhamdulillah,,kegiatan yang sangat bermanfaat..
    Semoga dengan adanya pameran spt ini, bisa membantu masayarakat dalam mengkonsumsi produk yg benr2 halal bukan hanya sekedar label…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...