Modal Islamic Development Bank Bertambah

Modal Islamic Development Bank (IDB) telah meningkat dari ID 16 miliar menjadi ID 18 miliar. Dalam pertemuan tahunan di Baku, Azerbaijan, Dewan Gubernur IDB juga sepakat memperpanjang masa kepemimpinan Presiden IDB, Ahmad Mohamed Ali, selama lima tahun mendatang.

Selain itu Nigeria juga meningkatkan penyertaannya di IDB dengan modal ID 1,384 miliar. Dengan begitu, Nigeria dapat menempatkan wakilnya pada Dewan Direksi Eksekutif. Islamic Dinar (ID) adalah satuan yang dipakai IDB, seperti Special Drawing Right yang digunakan Dana Moneter Internasional.

Seperti dikutip laman Arab News, Selasa (29/6), dalam pertemuan IDB tersebut, Dewan Gubernur juga memutuskan untuk mengalokasikan lima persen dari laba bersih IDB di tahun ini untuk mendanai bantuan teknis pada 2011. Sementara, dua persen dari laba bersih akan dialokasikan untuk mendanai program dana pendidikan bagi siswa berprestasi.

Di waktu yang sama, IDB juga menandatangani kesepakatan dengan pemerintah Bangladesh untuk menyediakan dana 129 juta dolar AS. Dana itu akan digunakan membangun single point mooring di Teluk Bengal untuk membawa minyak dari kapal yang berlabuh ke sebuah depot di pantai.

”Proyek itu akan membantu memindahkan minyak mentah dan minyak hasil sulingan dengan baik dari kapal di laut, tanpa harus mendarat di pelabuhan,” kata Menteri Keuangan Bangladesh, AMA Muhith, sebagaimana dikutip laman Platts.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...