MES Intensif Gelar Forum Riset Perbankan Syariah

ekonomi islamMasyarakat Ekonomi Syariah (MES) semakin intensif mengadakan Forum Riset Perbankan Syariah (FRPS). Setelah di Palembang dan Yogyakarta 2010 lalu, MES bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI), Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) dan Forum Silaturahmi dan Studi Ekonomi Islam (FOSSEI), bakal menyelenggarakan FRPS 2011 di IAIN Sumatera Utara dan Universitas Padjajaran.

Direktur Eksekutif Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Achmad Iqbal, mengatakan FRPS kali ini mengambil tema meningkatkan kualitas dan daya saing industri perbankan syariah nasional di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). “Ini merupakan upaya mengatasi permasalahan dalam pengembangan perbankan syariah di Indonesia,” katanya.

Rangkaian acara FRPS meliputi Call for Paper, seminar dan simposium. Melalui kegiatan Call for Paper, masyarakat luas terutama civitas akademika diundang untuk mengirimkan hasil karya ilmiahnya sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia.

“Siapapun boleh mengirimkan hasil penelitiannya,” katanya. Namun, tulisannya harus sesuai tema, pedoman penulisan yang sudah ditentukan sebelumnya, inovatif dan solutif serta berdaya aplikatif tinggi untuk mendukung pengembangan industri perbankan syariah di Tanah Air.

Ia mengaku FRPS diharapkan dapat menjembatani dan saling menguatkan antara dunia praktisi dan dunia akademisi. Kegiatan ini akan dilakukan pada September dan Desember nanti.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...