MELALUI ZAKAT, CIPTAKAN KEBAHAGIAN DAN KESEJAHTERAAN

Azalia Mutiara Fitri

Sebagai seorang muslim, kita tahu bahwa zakat merupakan rukun Islam yang ketiga. Dari segi istilah, zakat adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimannya (fakir, miskin, gharim, dan lain sebagainya). Sedangkan, dari segi bahasa zakat adalah bersih, suci, subur, berkat, dan berkembang

Didalam agama Islam, ada dua zakat yang wajib dikeluarkan, yaitu zakat maal dan zakat fitrah. Zakat maal atau yang dikenal dengan zakat harta merupakan zakat yang dikeluarkan seorang muslim yang berupa hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, emas, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis tersebut mermiliki perhitungannya sendiri-sendiri. Sedangkan zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan muslim mejelang Idul Fitri pada bulan suci Ramadhan. Besar zakat ini setara dengan 3,5 liter (2,7 kilogram) makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan.

Berdasarkan penjelasan diatas, jika seorang muslim mengeluarkan zakat dan memberikan pada golongan-golongan yang sesuai, maka harta yang dimiliki akan berkah. Selain itu, dengan berzakat berarti sudah meringankan beban orang lain. Misalkan, ketika berzakat kepada keluarga yang kurang mampu, dan memberikannya sepaket makanan pokok, sudah pasti hal tersebut membuat mereka sangat senang. Membuat orang lain sudah menjadi kewajiban muslim yang lain dan menambah pahala orang tersebut.

Disamping itu, pengelolaan zakat yang optimal juga dapat meningkatkan perekonomian. Artinya, optimalisasi pengelolaan zakat dan pemanfaatannya dapat menunjang perekonomian terutama di Indonesaia dan dapat memberantas kemikinan saat ini. Pengalokasian dana dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti bantuan modal usaha, pembangunan sarana ibadah, penyediaan layanan kesehatan, dan lain sebagainya. Jika hal tersebut bisa terealisasikan dengan baik, maka kesejahteraan masyarakat akan terwujud.

Banyak faedah yang didapatkan ketika berzakat. Melalui zakat seorang muslim sudah mengantarkan seseorang kepada kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat. Selain itu, dengan berzakat seseorang akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, mengajarkan bahwa tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah, mengurangi kecemburuan sosial, dan memberikan dukungan kekuatan bagi kaum muslim untuk meningkatkan eksistensi mereka. Dan zakat juga merupakan bentuk ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Maha Pencipta berikan.

Oleh karena itu, manfaat zakat tidak hanya bagi orang yang memberi dan menerima zaka saja. Tapi, manfaat zakat bisa dirasakan oleh setiap elemen, mulai dari pemerintah hingga masyarakatnya. Melalui zakat, kita sudah berbagi kebahagian dan dapat mewujudkan kesejahteraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...