Mahathir: Perbankan Syariah Lebih Superior dari Konvensional

MahathirUmat Muslim Asia Tenggara dinilai dapat lebih meningkatkan perekonomiannya jika mengakses perbankan syariah. Hal itu diungkapkan mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, dalam konferensi Islamic Finance, beberapa waktu lalu.

Ia menekankan, perbankan syariah dapat berperan penting membantu umat muslim di kawasan Asia Tenggara, terutama untuk keluar dari jerat kemiskinan. Perbankan syariah di kawasan ini juga diakuinya memiliki masa depan cerah karena memiliki potensi pasar lebih dari 500 juta jiwa, di mana mayoritasnya adalah Muslim.

“Perbankan syariah lebih superior dari perbankan konvensional,” kata Mahathir, seperti dikutip lama Bernama, Rabu (8/12).

Pasalnya, jelas dia, perbankan syariah memiliki perlindungan yang lebih kuat dibandingkan perbankan konvensional terlihat dari kolapsnya sejumlah bank konvensional saat krisis ekonomi global beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, terdapat korelasi antara pertumbuhan perbankan syariah dan ekonomi umat Muslim, di mana dengan perbankan syariah umat muslim dinilai akan lebih mudah mengakses modal kerja untuk mengembangkan bisnisnya. Namun ia menegaskan, terlepas dari aksesibilitas terhadap modal, umat muslim harus memiliki keahlian dan pengetahuan dalam mengelola bisnis jika ingin sukses di perekonomian.

Selain itu, kapasitas dan kemampuan usaha pun harus diperluas dengan merambah segala sector, seperti perdagangam jasa, dan manufaktur. “Jika muslim sukses di ekonomi, maka non muslim juga mau berbisnis dengan mereka dan bahkan meminjam uang dari bank syariah,” ujar Mahathir.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...