Mahathir Dukung Hadirnya Keuangan Syariah di Korea

keuangan syariahMantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir bin Mohamad dalam laman Daily Star mengungkapkan mendukung upaya Departemen Keuangan Korea Selatan dalam keuangan syariah di Korea karenan ini bukan tentang agama.

Perkembangan keuangan syariah akan meningkatkan di Seoul jika didukung oleh undang-undang. “Pada tahun 2009 lalu, Seoul meluncurkan obligasi syariah local atau sukuk dalam rangka diversifikasi sumber pendanaan perusahaan dengan menarik modal dari investor Timur Tengah dan investor lainnya yang tertarik dengan produk-produk keuangan syariah, sehingga kunci untuk lebih meningkatkan proyek keuangan syariah ini adalah undang-undang yang akan memberikan keringanan pajak tergadap sukuk layaknya keringanan untuk penerbitan surat obligasi negara, ”kata Mahathir di sela Konferensi di Seoul.

Pembicaraan mengenai undang-undang di Korea telah berhenti tahun lalu di Komite disebabkan sebagian anggota komite keberatan disebabkan oleh konflik budaya dan agama,jelas Mahathir lagi. Padahal sebenarnya keuangan syariah tidak bicara tentang agama tapi bicara menggunakan bank-bank. “Tidak ada alasan mengapa negara-negara harus menolak perbankan syariah. Ini bukan tentang agama, ini tentang menggunakan bank-bank,”tegasnya dalam laman yang sama.

Departemen keuangan mengatakan keberatan tersebut akibat kesalahpahaman tentang keuangan syariah. Hal ini membuat tawaran lain untuk meloloskan peraturan pajak selama sesi Majelis Nasional sangat sulit. Tetapi walaupun propek keuangan syariah belum jelas , Mahathir mendukung pebuh pertumbuhan keuangan syariah di Korea apalagi Korea telah mulai meluncurkan sukuk pada 20009 lalu.

Sumber : IBnews Eramuslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...