Mahasiswa Pasok SDM Perbankan Syariah

Perbankan SyariahMahasiswa jurusan ekonomi Islam yang tergabung dalam Forum Silaturrahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) dipersiapkan untuk mengisi posisi di lembaga-lembaga keuangan syariah.
Ketua FeSSOI Sulsel Ranto Ary Pratama mengatakan hal tersebut usai menutup pelatihan “Shariah Economic Training (SET)”bagi para mahasiswa ekonomi di Makassar, Ahad (19/12).
Menurutnya, saat ini FoSSEI se Indonesia telah dipercaya oleh Bank Muamalat dan Bank BRI Syariah pusat untuk memasok SDM sebagai tenaga perbankan di kedua lembaga keuangan syariah tersebut.
Kebutuhan SDM ekonomi syariah diperkirakan akan meningkat, kata dia, sebab menurut data dari Bank Indonesia diprediksi bahwa perkembangan ekonomi syariah pada tahun 2011 mendatang khususnya sektor perbankan syariah bisa mencapai 45 persen.
“Trend perkembangan ini jauh diatas bank konvensional yang hanya berkisar 18 persen,” katanya. Untuk mengantisipasi kebutuhan SDM syariah tersebut, maka pelatihan sejenis SET bagi mahasiswa ekonomi sangat penting karena itu akan diupayakan berkelanjutan.

Menurutnya, SET yang berlangsung 18-19 Desember itu telah melatih 50 peserta dari lima kampus di Makassar. Diantaranya, Universitas Hasanuddin, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Negeri Makassar, STAI Al Azhar dan STIM Nitro.

“Training ini bertujuan untuk menghasilkan sumberdaya manusia di bidang ekonomi syariah dalam rangka menyongsong dan sebagai respon perkembangan ekonomi syariah yang sangat pesat,” katanya. Dia menambahkan, SET merupakan rangkaian dari Musyawarah Regional I FoSSEI Sulsel yang diagendakan pada 25-26 Desember 2010.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...