Launching Prodi S1 Ekonomi Syariah di IPB

Institut Pertanian Bogor (IPB) meluncurkan program studi (prodi) S1 ekonomi syariah. IPB menjadi perguruan tinggi negeri kedua yang menyelenggarakan prodi ekonomi syariah setelah Universitas Airlangga, Surabaya. Dengan hadirnya prodi ekonomi syariah di IPB diharapkan dapat membantu mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia.

Rektor IPB, Herry Suhardiyanto, mengatakan, dengan dibukanya prodi ekonomi syariah ini, pihaknya menargetkan dalam empat tahun mendatang IPB telah dapat menghasilkan sarjana ekonomi syariah berkualitas baik dan dapat mengisi pertumbuhan industri keuangan syariah di tanah air.

”Selain itu dosen juga diharapkan menghasilkan riset yang cemerlang serta menciptakan formula numerik kuantitatif yang dapat menjadi dasar operasional untuk menjalankan bisnis keuangan syariah,” kata Herry di sela-sela launching prodi ilmu ekonomi syariah FEM IPB di Botani Square, Rabu (5/5). Dalam pembentukan ekonomi syariah ini yang juga menjadi perhatian adalah untuk menyederhanakan dan membumikan konteks ekonomi syariah.

Herry menambahkan, prodi ekonomi syariah akan terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan industri keuangan syariah di Tanah Air. Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya pun bermitra dengan pelaku keuangan syariah baik dari perbankan syariah, asuransi syariah, maupun pasar modal syariah untuk memberi masukan mengenai pengembangan konten pembelajaran ekonomi syariah.

Dengan demikian, kurikulum yang ada pun tetap up to date dengan perkembangan industri. Herry menuturkan, kurikulum ekonomi syariah yang dimiliki IPB juga mengacu pada kurikulum internasional, sehingga ke depan akan menjadi prodi ekonomi syariah yang solid.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...