Laba Bank Muamalat Alami Kenaikan Signifikan

ekonomi islamLaba Bank Muamalat naik signifikan per September 2011 dengan laba sebelum pajak Rp 270 miliar. Laba ini naik hingga 95 persen dibanding periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy). Laba Bank Muamalat per September 2010 mencapai Rp 138 miliar.

Direktur Ritel Bank Muamalat, Andrian A Gunadi, mengungkapkan kontribusi ritel untuk DPK telah mendekati 70 persen atau setara Rp 14 triliun. Produk tabungan share-e berkontribusi signifikan pada DPK yakni hingga Rp 500 miliar sejak diluncurkan. “Tahun depan, produk itu akan jadi jagoan,” ujar dia.

Ditargetkan hingga akhir tahun, DPK dari Share-e bisa bertambah Rp 200 miliar. Dengan pertumbuhan itu, DPK diharapkan bisa bertambah lagi hingga Rp 2 triliun. Pertambahan DPK ditarget bisa menaikkan pembiayaan Rp 1 triliun.

Sektor ritel juga masih mendominasi dari sisi pembiayaan. Bank Muamalat telah menyalurkan sekitar Rp 20 triliun per September 2011. Dibandingkan 2010, pembiayaan naik 55 persen dari sebelumnya 13 triliun. Pembiayaan didominasi sector ritel yakni sebesar Rp 13 triliun, sementara sisanya tersalurkan ke komersial dan korporat.

Andrian mengatakan sektor pembiayaan yang mulai tumbuh berasal dari sector consumer. Pembiayaan syariah dari sector consumer tersebut tumbuh 40-50 persen dengan nilai sekitar Rp 6,3 triliun.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...