KUR BSM, Akses Mudah Dapatkan Pembiayaan Usaha

ekonomi islamPerbankan syariah mempunyai peran yang penting dalam mendorong ekonomi kerakyatan. Hal ini dibuktikan dengan fortopolio pembiayaan perbankan syariah yang sebagian besar mengalir pada nasabah mikro yang merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Adalah Bank Syariah Mandiri (BSM) sebagai salah satu perbankan syariah nasional yang sangat pro UMKM. BSM menjadi satu-satunya bank syariah yang ditunjuk oleh pemerintah dalam menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR).

Seperti apa produk KUR BSM? Produk ini adalah produk pembiayaan berbentuk investasi dan modal kerja. Dengan jangka waktu 3 tahun untuk pembiayaan modal kerja dan 5 tahun untuk pembiayaan investasi, nasabah bisa mendapatkan dan hingga Rp. 500 juta.

Lebih dari itu, nasabah juga mendapatkan asuransi yaitu 70% dari plafon pembiayaan. Margin yang ditawarkan pun menarik yaitu 14% p.a.
Sementara untuk syarat pengajuan terbilang ringan dan mudah. Produk ini sendiri diperuntukan bagi calon nasabah yang belum pernah mendapatkan fasilitas pembiayaan kredit dari bank atau pemerintah maupun nasabah yang telah memiliki pembiayaan konsumtif. Semua hal tersebut memperlihatkan bahwa BSM senantiasa memberikan akses kemudahan dalam pembiayaan demi mendorong roda perekonomian rakyat secara menyeluruh.

Sekedar informasi nasabah KUR Bank Syariah Mandiri (BSM) hingga saat ini sudah mencapai 10.700 nasabah dengan pembiayaan rata-rata Rp 50 juta. Di tahun ini BSM telah menyalurkan KUR sebesar Rp 81 milyar dengan outstanding sebesar Rp 1,2 triliun. Sedangkan untuk fokus pembiayaan KUR, selama ini pembiayaan terbesar adalah sektor pertanian, jasa dan perdagangan.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...