Kopkar YKK AP Gandeng PKES Adakan Pelatihan Koperasi Syariah

ekonomi islamSistem keuangan syariah yang sangat memperhatikan kesejahteraan bersama, kini mulai dilirik oleh banyak lembaga keuangan salah satunya adalah koperasi karyawan (Kopkar). Hal tesebut membuat Kopkar YKK AP menggandeng Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah (PKES) untuk melakukan kegiatan pelatihan koperasi syariah.

“Pelatihan ini dimaksudkan untuk menyempurnakan sistem keuangan syariah dalam koperasi karyawan khususnya Kopkar YKK AP,” ungkap Asep selaku ketua Kopkar YKK AP.

Kopkar YKK AP sendiri adalah koperasi karyawan yang berada dalam naungan perusahaan YKK AP, yaitu perusahaan yang memproduksi alumunium.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 30 April sampai dengan 1 Mei ini diikuti oleh para pengurus Kopkar YKK AP dan juga pengurus Kopkar dari perusahaan lain yang berada di wilayah Tangerang. Pelatihan ini berlangsung di Universitas Pramita Indonesia Tangerang.

Dalam pelatihan ini para peserta diberi materi tentang dasar-dasar ekonomi Islam, akad-akad, konsep dasar kopersai syariah, strategi pemasaran serta pendanaan, dan manajemen pengembangan diri. Pemateri terdiri dari tim PKES yaitu A. Bahrul Muhtasib, Zarkasih, AM Hasan Ali, dan Nur Julizar CEO BMT Cengkareng Syariah Mandiri.

Para peserta sendiri terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang mengalir membuat suasana pelatihan lebih hidup.

Sementara itu, Nur Julizar mengatakan bahwa seharusnya Kopkar dapat menjadi lembaga keuangan yang besar. Hal tersebut dimungkinkan karena memang koperasi karyawan lebih aman terhadap ancaman competitor atau pesaing koperasi yang lain karena Kopkar terdapat dalam ruang lingkup perusahaan saja. “Kopkar dapat menjadi lembaga besar yang dapat mensejahterakan anggota dan pengurusnya. Hal tersebut bisa terjadi karena memang Kopkar lebih aman dari persaingan dengan koperasi lain dan yang paling utama adalah jika pengurus dan anggotanya benar-benar memanfaatkan Kopkar sebagai sarana untuk menabung dan mengelola keuangan,”tandasnya.

Sumber : PKES Interaktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...