Kontribusi BI Untuk Ekuitas Internasional IILM

Bank IndonesiaBank Indonesia telah menerima persetujuan dari DPR untuk memberikan kontribusi US $ 5 juta dalam Ekuitas Syariah International IILM untuk mendukung pertumbuhan sektor perbankan syariah di negara Indonesia. Dengan penyertaan uang sebesar 5 juta dolar , Bank Sentral Indonesia memiliki lima saham dengan masing-masing senilai $ 1 juta di Lembaga Likuidatas Syariah International IILM (International Islamic Liquidity Management). Hal tersebut disampaikan oleh Darmin Nasution selaku Gubernur Bank Indonesia dalam persidangan di DPR.

“BI akan dapat berinvestasi dalam sukuk dan instrument syariah yang diterbitkan oleh IILM, dan pemerintah juga bisa mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam penerbitan sukuk atau instrumen syariah sehingga biaya pembiayaan akan lebih rendah,” jelas Darmin kepada anggota DPR Komisi XI dalam laman Jakarta Globe.

Darmin menjelaskan lagi bahwa dengan menjadi anggota dewan pemerintahan IILM,maka negara akan mengambil peran dalam menentukan strategi dan kebijakan untuk mempromosikan IILM sebagai salah satu landmark internasional keuangan Islam, khususnya dalam mendorong pertumbuhan pembiayaan syariah regional.

IILM merupakan lembaga keuangan multinasional syariah dengan 12 anggota termasuk Iran, Malaysia, Kuwait, Luxemburg, Mauritius, Nigeria, Qatar, Uni Emirat Arab, Sudan, Turki, Arab Saudi dan Kerjasama Islam untuk Pengembangan Sektor Swasta (ICD) .

Dia juga mengharapkan dengan menjadi anggota IILM bisa mengatasi masalah manajemen likuiditas syariah yang selama ini dihadapi oleh sektor perbankan syariah.

Sumber : IBnews Eramuslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...