Kondisi Perbankan Syariah Indonesia Masih Memprihatinkan

ekonomi islamDunia perbankan syariah Indonesia tergolong memprihatinkan. Pasalnya, hampir selama 20 tahun beroperasi, menunjukkan kinerja yang memprihatinkan. Masalah itu masih ditambah lagi dengan kondisi pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia masih relatif kecil dibanding di Timur Tengah dan Malaysia.

“Pangsa pasar perbankan syariah Indonesia masih tergolong kecil yaitu 3,20 persen dibanding dengan Timur Tengah sekitar 20% dan Malaysia sekitar 10 persen,” kata Sugeng Hariadi SE MSi saat melaksanakan ujian terbuka program doktor, di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM.

Dia juga mengungkapkan tingkat religiusitas nasabah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah bank dalam membuat putusan untuk mengubah perilaku dalam menempatkan dan di bank. Nasabah religius cenderung akan bersikap loyal sehingga tingkat bunga menjadi tidak penting.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa informasi keharaman bunga telah menurunkan secara signifikan keinginan nasabah atas besaran suku bunga menjadi sebesar norma ”rate of return’. Menurutnya, tingkat religiusitas nasabah berpengaruh signifikan terhadap keinginan memperoleh penghasilan dari bunga bank setelah memperoleh keharaman bunga.

“Semakin religius nasabah bank, maka informasi keharaman bunga akan mengubah pandangan terhadap bunga menjadi haram sehingga meminta bunga rendah, bahkan nol persen,” papar dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Surabaya itu.

SUmber : Suara Merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...