Komitmen Islamic Development Bank (IDB)

Islamic Development Bank
Zona Ekonomi Islam -–Islamic Development Bank (IDB) berkomitmen menyediakan dana sebesar 2,8-3 miliar dolar AS untuk pengembangan sejumlah program di Indonesia pada 2011-2014.

Direktur Pendanaan Luar Negeri Multilateral Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dewo Broto Joko, mengatakan dalam proyek kerja sama dengan IDB tersebut tak hanya untuk program pemerintah, namun juga untuk proyek kemitraan pemerintah-swasta, proyek swasta, pengembangan keuangan Islam, dan capacity building.

“Sektornya yang menjadi prioritas pertama adalah pendidikan, selanjutnya infrastruktur, pertanian, pengentasan kemiskinan, rural development, pengembangan keuangan Islam dan proyek kemitraan swasta-pemerintah,” kata Dewo, di sela-sela workshop Member Country Partnership Strategy (MCPS) IDB dan Bappenas di Jakarta, Kamis (30/9).

Ia menuturkan, sektor pendidikan menjadi prioritas IDB sejak beberapa waktu lalu dengan membantu sejumlah universitas umum dan universitas Islam dengan bantuan pinjaman untuk pembangunan universitas, pengembangan kurikulum, peningkatan riset dan sumber daya manusia.

“Portofolio IDB yang sudah on going saat ini 2 miliar dolar AS, dimana hampir 60 persennya disalurkan untuk pendidikan,” papar Dewo. Sedangkan sisanya diantaranya digunakan untuk pengentasan kemiskinan, rehabilitasi rekonstruksi gempa Aceh, dan kapal patroli Bea Cukai.

Dewo menjelaskan, di antara komitmen pinjaman dana IDB hingga 3 miliar dolar AS untuk periode 2011-2014, diantaranya terdapat hibah 4 juta dolar AS yang akan digunakan untuk capacity building. Untuk pencairan dana pun, lanjutnya, akan tergantung dari kesiapan pemerintah. Namun, tegasnya, dana tersebut sudah dapat dilakukan pada awal 2011.

Sumber : Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Loading Facebook Comments ...