Kinerja Unit Syariah BPD Kaltim Lampaui Target

BPD Kaltim
JAKARTA–Pencapaian dana pihak ketiga (DPK) dan laba unit usaha syariah Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur (UUS BPD Kaltim) telah melampaui rencana bisnis bank pada Juli ini. Namun tidak ada revisi target secara khusus di sisa tahun ini.

Kepala Divisi Syariah BPD Kaltim, Siti Nurbani, mengatakan DPK UUS BPD Kaltim tercatat Rp 376,2 miliar per Juli 2010. Sementara dalam rencana bisnis ditargetkan DPK mencapai Rp 342,1 miliar. ”Dalam rapat konsolidasi kami tidak revisi rencana bisnis. Tetapi untuk DPK juga akan tetap kita kejar paling tidak tambah Rp 100 miliar lagi sampai akhir tahun ini,” katanya kepada Republika, Senin (16/8).

Nurbani menuturkan, pencapaian DPK yang telah melebihi target tersebut salah satunya karena didorong pula oleh tabungan Berkah iB yang memiliki hadiah umroh, serta produk baru tabungan Prama iB (tabungan dengan bagi hasil seperti deposito) yang baru diluncurkan pada Mei 2010. Dari jumlah DPK per Juli Rp 376,2 miliar, tambah Nurbani, tabungan Berkah memiliki komposisi sekitar 50 persen, sedangkan sisanya dari tabungan Prama iB, giro dan deposito.

Nurbani mengungkapkan pihaknya kini juga sedang menunggu izin Bank Indonesia untuk dua produk baru, yaitu tabungan pendidikan dan pembiayaan rekening koran. Untuk di semester II ini, ujar Nurbani, pihaknya akan tetap fokus di penghimpunan DPK dan pembiayaan agar rasio pembiayaan terhadap DPK di akhir tahun antara 100-110 persen. ”Di semester dua ini kita akan ‘percantik’ FDR, jadi kita akan terus mencari DPK untuk menyeimbangkan dengan pembiayaan,” ujar Nurbani. Per Juli FDR tercatat 134 persen.

Sumber : Republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Loading Facebook Comments ...